Menurut pendapat kami, kami sangat mendukung penggunaan blog dalam
proses pembelajaran sebab pengaruh dari penggunaan blog pada jaman
sekarang ini mempunyai dampak negatif dan positifnya masing-masing bagi
setiap pengguna. dikaitkan dengan fenomena pendidikan yang ada di
Indonesia khususnya di daerah kota Medan, pendidikan semakin berkembang
dengan adanya penggunaan blog-blog yang memiliki banyak dampak. berikut
ini kami jabarkan apa saja dampak positif dari penggunaan blog dalam
proses pembelajaran, yaitu :
- mendorong pelajar untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada dalam pemikiran dan kehidupannya
- mengganti kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan ruangan fisik tertentu sehingga proses pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan lebih fleksibel dan lebih enjoyable,misalkan pengajar tidak dapat menghadiri kelas dan bertatap muka langsung dengan para pelajar , blog dapat dijadikan sebagai alternatif si pengajar untuk membagi informasi topik pembelajaran pada pelajar
- memperkenalkan dan mendalami teknologi internet di kalangan pengajar dan pelajar. Tidak seperti pendidikan pada jaman dahulu yang berfokus hanya pada bahan yang ada dan yang memprioritaskan komunikasi satu arah. Kemudian dengan semakin berkembangnya teknologi, para pelajar lebih mengenal sarana-sarana yang modern salah satunya blog.
- relatif hemat biaya, penggunaan blog lebih praktis dan menghemat dibanding kita mencari info dari buku,
- pengembangan proses pembelajaran yang lebih variatif,artinya kita lebih banyak mendapat informasi yang beragam dan tidak terpaku pada satu sumber; dan fleksibel artinya kita dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja
Di samping dampak positifnya, penggunaan blog juga dapat membawa dampak
negatif bagi penggunanya,yaitu:
- informasi cenderung diragukan karena blog kebanyakan tidak mencantumkan referensi atau sumber informasi, artinya lebih kepada pendapat si pengguna blog tersebut.
- penggunaan situs blog yang pastinya terhubung dengan internet bisa memunculkan keinginan untuk membuka situs-situs yang tidak layak untuk dibaca seperti situs yang mengandung pornografi, kekerasan,
- pengguna dapat "terjebak" dalam iklan yang dipasang pada suatu blog.
bila kita memandang dengan fenomena pendidikan di Indonesia, khususnya di kota Medan penggunaan pembelajaran dengan e-learning jarang diterapkan di sekolah, universitas yang ada di kota Medan. Pembelajaran di kota medan lebih cenderung dengan pengajaran tatap muka langsung dengan pengajar, dimana guru memberi penjelasan materi kepada siswa sedangkan siswa duduk mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini berbeda dengan pandangan John Dewey yang mengemukakan bahwa anak-anak akan belajar dengan baik jika mereka aktif. Dari pandangan John Dewey inilah kami berpendapat dengan adanya pembelajaran menggunakan email dan blog dan mendorong siswa menjadi lebih aktif dalam hal berkomunikasi, mendapatkan informasi yang lebih luas serta anak dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar