Sabtu, 10 Maret 2012

hasil diskusi kelompok pendidikan


Menurut pendapat kami, kami sangat mendukung penggunaan blog dalam proses pembelajaran sebab  pengaruh dari penggunaan blog pada jaman sekarang ini mempunyai dampak negatif dan positifnya masing-masing bagi setiap pengguna. dikaitkan dengan fenomena pendidikan yang ada di Indonesia khususnya di daerah kota Medan, pendidikan semakin berkembang dengan adanya penggunaan blog-blog yang memiliki banyak dampak. berikut ini kami jabarkan apa saja dampak positif dari penggunaan blog dalam proses pembelajaran, yaitu : 
  • mendorong pelajar untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada dalam pemikiran dan kehidupannya
  • mengganti kelas-kelas diskusi yang selama ini selalu terbatas pada waktu dan ruangan fisik tertentu sehingga proses pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan lebih fleksibel dan lebih enjoyable,misalkan pengajar tidak dapat menghadiri kelas dan bertatap muka langsung dengan para pelajar , blog dapat dijadikan sebagai alternatif si pengajar untuk membagi informasi topik pembelajaran pada pelajar
  • memperkenalkan dan mendalami teknologi internet di kalangan pengajar dan pelajar. Tidak seperti pendidikan pada jaman dahulu yang berfokus hanya pada bahan yang ada dan yang memprioritaskan komunikasi satu arah. Kemudian dengan semakin berkembangnya teknologi, para pelajar lebih mengenal sarana-sarana yang modern salah satunya blog.
  • relatif hemat biaya, penggunaan blog lebih praktis dan menghemat dibanding kita mencari info dari buku,
  • pengembangan proses pembelajaran yang lebih variatif,artinya kita lebih banyak mendapat informasi yang beragam dan tidak terpaku pada satu sumber;  dan fleksibel artinya kita dapat mengakses dari mana saja dan  kapan saja
 Di samping dampak positifnya, penggunaan blog juga dapat membawa dampak negatif bagi penggunanya,yaitu:
  1. informasi cenderung diragukan karena blog kebanyakan tidak mencantumkan referensi atau sumber informasi, artinya lebih kepada pendapat si pengguna blog tersebut.
  2. penggunaan situs blog yang pastinya terhubung dengan internet bisa memunculkan keinginan untuk membuka situs-situs yang tidak layak untuk dibaca seperti situs yang mengandung pornografi, kekerasan,
  3. pengguna dapat "terjebak" dalam iklan yang dipasang pada suatu blog.

    bila kita memandang dengan fenomena pendidikan di Indonesia, khususnya di kota Medan penggunaan pembelajaran dengan e-learning jarang diterapkan di sekolah, universitas yang ada di kota Medan. Pembelajaran di kota medan lebih cenderung dengan pengajaran tatap muka langsung dengan pengajar, dimana guru memberi penjelasan materi kepada siswa sedangkan siswa duduk mendengarkan penjelasan dari guru. Hal ini berbeda dengan pandangan John Dewey yang mengemukakan bahwa anak-anak akan belajar dengan baik jika mereka aktif. Dari pandangan John Dewey inilah kami berpendapat dengan adanya pembelajaran menggunakan email dan blog dan mendorong siswa menjadi lebih aktif dalam hal berkomunikasi, mendapatkan informasi yang lebih luas serta anak dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
 Dapat kita simpulkan, banyaknya efek positif dan negatif yang diperoleh dari penggunaan blog itu kembali pada individu itu sendiri terutama dalam memilih untuk mengakses situs yang layak ataupun tidak untuk dkunjungi. Namun pada dasarnya penggunaan email  dapat membantu siswa menjadi lebih aktif blog dalam proses pembelajaran. Sekian dari kelompok kami dan terima kasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Hello Kitty 59