Minggu, 27 Oktober 2013

Testimonial UTS Psi. Belajar

Ujian Psi. Belajar done, lega!!!
Satu ujian lagi sudah dikerjakan dan dilewati dengan cukup baik biarpun selesainya di detik-detik deadline dan sempat dag dig dug karena keteteran ngerjainnya. Waktunya dikasi 3 hari jadi pikirannya, semua bisa dirampungkan di akhir, tapi ternyata... duar! Penyesalan emang selalu datang di akhir ya. Kenapa gak dari awal dicicil satu soal per hari. Dan ini pelajaran yang saya dapat akibat menunda-nunda tugas sekaligus yang menjadi jawaban terakhir saya, soal nomor 3 dari Bu Dina.
               
                Kaitan dari kategori penyebab/sumber masalah dari fenomena yang dikaitkan ke teori Vygotsky dengan teori Meta Kognisi dan Pemecahan Masalah yang ditinjau dari Model Aktivitas Metakognitif dalam Studi:
               Berdasarkan permasalahan (fenomena) yang terjadi tadi malam jika dikaitkan dengan teori meta kognisi maka :
1. Kesadaran akan Tujuan Pembelajaran dan Tuntutan Tugas.
Disini saya kurang menyadari akan pentingnya manajemen waktu untuk menentukan prioritas pengerjaan tugas. Seharusnya persepsi saya mengenai tugas UTS yang diberikan adalah fokus dan memberi perhatian penuh, karena tugas ini penting. (hal 279)
2. Penentuan tujuan dan perencanaan
Penentuan tujuan dan perencanaan saya kurang terkonsep secara baik.
 Disini saya harusnya menentukan tujuan kalau tugas UTS ini bertujuan agar saya mendapat nilai terbaik yang bisa saya lakukan untuk mendapatkannya kemudian membuat planning secara konseptual. (hal 276-277)
3. Pengetahuan sebelumnya yang dimiliki.
Saya memiliki pengalaman sebelumnya tentang pengerjaan tugas yang mendekati deadline, dimana saya tidak menemui masalah apapun. Pada kenyataannya pengalaman dan pengetahuan saya tersebut tidak tepat dan sudah saatnya untuk dikoreksi.
        4. Keyakinan dan penilaian tentang kompetensi seseorang. (hal 278)
Awalnya saya berkeyakinan akan mampu menyelesaikan UTS Online tepat waktu, sehingga saya memilih mengerjakan UTS pada hari Sabtu, karena pada hari itu jadwal kuliah saya kosong. (hal 278)
        5. Melakukan taktik dan strategi belajar
Saya seharusnya sudah menyusun strategi yang saya gunakan untuk menyelesaikan tugas UTS Psikologi Belajar, dan mencari sumber-sumber atau fasilitas lengkap yang akan digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas yang diberikan.
              Untuk selanjutnya saya harus menyusun taktik dan strategi belajar yang benar dengan:
 (1)Melakukan penyesuaian skala besar pada tugas, tujuan, rencana, dan keterlibatan
 (2)Mengubah kondisi untuk belajar di masa depan (pengetahuan, keterampilan, keyakinan, disposisi, dan faktor motivasi). (hal 277)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Hello Kitty 59