Rabu, 06 Juni 2012

Survey : Pengaruh Motivasi dalam Minat Belajar


1. Saya malas belajar jika tidak ada kuis atau ujian.
 Yes 
 27 

 50.00% 
 No 
 27 

 50.00% 
Top of Form
Bottom of Form
2. Saya lebih suka bekerja sendiri dibandingkan bekerja berkelompok.
 Yes 
 27 

 50.00% 
 No 
 27 

 50.00% 
Top of Form
Bottom of Form
3. Saya tidak akan belajar jika tidak ada yang menyuruh.
 Yes 
 7 

 12.96% 
 No 
 47 

 87.04% 
Top of Form
Bottom of Form
4. Saya gampang down jika tidak bisa menyelesaikan suatu permasalahan.
 Yes 
 27 

 50.00% 
 No 
 27 

 50.00% 
Top of Form
Bottom of Form
5. Saya tidak akan belajar jika pelajarannya atau dosennya tidak menarik.
 Yes 
 21 

 38.89% 
 No 
 33 

 61.11% 
Top of Form
Bottom of Form
6. Saya rajin belajar karena takut mendapat nilai yang mengecewakan.
 Yes 
 43 

 79.63% 
 No 
 11 

 20.37% 
Top of Form
Bottom of Form
7. Lapar atau mengantuk selalu membuat saya malas belajar.
 Yes 
 47 

 88.68% 
 No 
 6 

 11.32% 
Top of Form
Bottom of Form

KESIMPULAN 

Bentuk-bentuk Motivasi
1. Motivasi dilihat dari dasar pembentukannya.
a. Motif-motif bawaan, yaiktu motif yang dibawa sejak lahir, jadi motivasi ini tanpa dipelajari.
b. Motif-motif yang dipelajari, maksudnya motif-motif yang timbul karena dipelajari.
2. Motivasi jasmaniah dan rohaniah
Yang termasuk motivasi jasmaniah seperti refelks, instink, otomatis, nafsu. Sedangkan yang termasuk motif rohaniah, yaitu kemauan
3. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik
a. Motivasi intrinsik, yaitu motif-motif yang menjadi aktif atau berfungsinya tidak perlu dirangsang dari luar. Karena diri setiap individu sudah ada dorongan untuk melakukan sesuatu. Perlu diketahui bahwa siswa yang memiliki tujuan orang yang terididik, yang berpengetahuan, yang ahli dalam bidang studi tertentu. Satu-satunya jalan untuk menuju yang ingin dicapai adalah belajar. Tanpa belajar tidak mungkin mendapat pengetahuan. Dorongan yang menggerakkan itu bersumber pada suatu kebutuhan. Kebutuhan yang berisikan keharusan untuk menjadi orang yang terdidik dan berpengathuan. Jadi, memang motivasi itu muncul dari kesadaran diri sendiri dengan tujuan secara esensial, bukan sekedar symbol dan seremonial.
b. Motivasi ekstrinsik, yaitu motif-motif yang aktif berfungsinya karena adanya perangsang dari luar. Motivasi ekstrinsik dapat juga dikatakan sebagai bentuk motivasi yang di dalamnya aktivitas belajar dimulai dan diteruskan berdasarkan dorongan dari luar yang tidak secara mutlak berkaitan dengan aktivitas belajar. Perlu ditegaskan, bukan berarti bahwa motivasi ekstrinsik ini tidak baik dan tidak penting. Sebab, kemungkinan besar keadaan siswa itu dinamis, berubah-ubah, dan juga mungkin komponen-komponen lain dalam proses belajar mengajar ada yang kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan motivasi ekstrinsik.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar
Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a. Faktor sosial dalam belajar
Yang dimaksud faktor sosial disini adalah faktor manusia, baik manusia itu hadir pada saat terjadi proses belajar maupun tidak hadir. Kehadiran sesorang dapat menggangu kawannya yang sedang belajar, misalnya seorang siswa yang menggangu kawan lainnya yang sedang mengerjakan tugas latihan dikelas.
b. Faktor non sosial dalam belajar
Kelompok ini banyak sekali jumlahnya, misalnya waktu, tempat, alat-alat yang digunakan dalam belajar, keadaan udara, suhu udara, cuaca dan sebagainya. Faktor ini mempengaruhi kegiatanbelajar seseorang.
c. Faktor fisiologis dalam belajar
Yang dimaksud keadaan fisiologis adalah keadaan fisik seseorang terutama yang berkaitan dengan kesehatan dan fungsi pancaindera. Tingkat kebugaran jasmani seseorang akan berpengaruh dalambelajar. Apabila kondisi fisik seseorang tidak fit atau kurang sehat maka dalam belajar ia akan terganggu, baik perhatian maupun konsentrasinya. Begitu juga apabila salah satu panca inderanya terganggu, misalnya telinga atau mata sakit maka akan mengganggu kegiatan belajarnya.
d. Faktor psikologis dalam belajar
 
 Faktor psikologis yang paling menonjol adalah sesuatu yang mendorong aktivitas seseorang dalam belajar, dengan kata lain alasan yang membuat seseorang untuk melakukan kegiatan belajar.



Testimoni :
Tugas ini menambah pengetahuan dan bekal sebagai mahasiswa. Membuat mahasiswanya menjadi lebih aktif dalam berpartisipasi di program perkuliahan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Hello Kitty 59