PENGANTAR
Proses
belajar mengajar orang dewasa adalah suatu proses berlangsungnya kegiatan
belajar yang dilakukan oleh pelajar atau peserta didik dan kegiatan mengajar yang
dilakukan oleh pendidik atau pembimbing. Proses ini disebut juga sebagai proses
“menerima-memberi” dalam arti peserta didik menerima pelajaran dan pendidik
memberi pelajaran. Melalui proses belajar, seorang pelajar atau peserta didik
yang tidak tahu suatu hal menjadi tahu.
TAHAP PROSES BELAJAR
1. Motivasi
Motivasi
adalah keinginan untuk mencapai sesuatu hal. Sedangkan motivasi jangka pendek
berupa minat untuk belajar pada saat itu, dan motivasi jangka panjang dapat
berupa keinginan mendapat nilai ujian yang baik, keinginan berprestasi, dan
sebagainya.
2. Perhatian pada pelajaran
Dilihat
dari sudut pandang psikologi, penarik perhatian seseorang mempunyai ciri-ciri:
1) gerakan, 2) stimuli yang intensif, 3) baru, dan 4) pengulangan. Selanjutnya
faktor-faktor situasional yang mempengaruhi perhatian seseorang adalah: 1) daya
tarik fisik, 2) hadiah atau pujian, 3) keakraban, 4) kedekatan, dan 5)
kemampuan.
3. Menerima dan mengingat
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi proses menerima dan mengingat, seperti
struktur, makna, pengulangan pelajaran dan interverensi.
Struktur ð deretan angka 12345 akan lebih mudah
diterima dan diingat daripada deretan angka 32451.
Makna ð jika suatu pelajaran ada hubungannya
dengan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik, maka pelajaran itu akan
lebih bermakna dan akan lebih mudah diterima dan diingat.
Pengulangan ð pengulangan suatu pelajaran akan
meningkatkan daya ingat peserta didik. Pendidik dapat mengulangi lagi secara
garis besar pada pelajaran berikutnya, atau dapat meminta peserta didik untuk
mengulangi pokok-pokokpelajaran kepada teman-temannya.
Interverensi ð interverensi adalah kekalutan dalam
pikiran seseorang yang sedang belajar akibat terlalu banyak menerima pelajaran
sehingga pelajaran tersebut menjadi berdesak-desakan dalam pikirannya.
Interverensi dapat dicegah oleh pendidik dengan: 1) memberikan tidak terlalu
banyak bahan pelajaran, 2) menjelaskan struktur pelajaran, 3) memberikan
istirahat singkat, 4) menggambarkan bagan, 5) memberikan bahan tertulis. Makin
sedikit kekalutan yang terjadi, akan makin baik bagi proses belajar.
4. Reproduksi
Agar
peserta didik mampu melakukan reproduksi, pendidik perlu menyajikan pelajaran
dengan cara yang mengesankan. Informasi yang makin mengesankan, makin mudah
diproduksi, suatu informasi akan lebih mengesankan, jika informasi itu: a)
jelas strukturnya, b) jelas garis arahnya, c) diberikan dengan cara yang
menyentuh perasaan, dengan contoh-contoh nyata, dengan menggunakan alat peraga,
dengan gurauan yang segar, serta dengan cara-cara lain yang menarik perhatian.
5. Generalisasi
Pada
tahap generalisasi ini, peserta didik harus mampu menerapkan hal yang telah
dipelajari di tempat lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas. Generalisasi
juga dapat diartikan penerapan hal yang telah dipelajari dari situasi yang satu
ke situasi yang lain.
6. Menerapkan Apa Yang Telah Diajarkan serta Umpan Balik
Untuk
meyakinkan bahwa peserta didik telah benar-benar memahami, maka pembimbing
dapat memberikan tugas atau tes yang harus dikerjakan oleh peserta didik.
Selanjutnya, pendidik memberikan umpan balik berupa penjelasan mana yang benar
dan mana yang salah. Dengan begitu peserta didik dapat mengetahui seberapa jauh
ia memahami apa yang diajarkan dan dapat mengoreksi dirinya sendiri.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI BELAJAR
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi orang dewasa ketika dia berada dalam situasi belajar.
Faktor-faktor tersebut mencakup faktor internal dan eksternal. Faktor internal
fisik mencakup ciri-ciri pribadi seperti umur, pendengaran, dan pengelihatan.
Faktor internal non fisik atau psikologis mencakup tingkat aspirasi, bakat,
dll.
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri peserta didik atau lingkungan.
Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri peserta didik atau lingkungan.
CIRI-CIRI BELAJAR ORANG DEWASA
Cara belajar orang dewasa
berbeda dengan cara belajar anak-anak. Oleh karena itu, proses pembelajarannya
harus memperhatikan ciri-ciri belajar orang dewasa, beberapa diantaranya adalah
sebagai berikut :
1. memungkinkan timbulnya pertukaran
pendapat, tuntutan, dan nilai-nilai
2. memungkinkan terjadi komunikasi timbal
balik
3. suasana belajar yang diharapkan adalah suasana
yang menyenangkan dan menantang
4. mengutamakan peran peserta didik
5. orang dewasa belajar ingin mengetahui kelebihan
dan kekurangannya
6. orientasi belajar orang dewasa terpusat
pada kehidupan nyata
7. motivasi berasal dari dirinya sendiri
8. orang dewasa umumnya mempunyai pendapat
yang berbeda
9. orang dewasa mempunyai kecerdasan yang
beragam
10. kemungkinan terjadinya berbagai cara
belajar
SUASANA BELAJAR YANG KONDUSIF
Berikut ini adalah suasana belajar
yang dianjurkan oleh Lunandi (1982):
1. Kumpulan manusia aktif
2. Suasana saling menghormati
3. Suasana saling menghargai
4. Suasana mengakui kekhasan pribadi
5. Suasana penemuan diri
6. Suasana tidak mengancam
7. Suasana keterbukaan
1. Kumpulan manusia aktif
2. Suasana saling menghormati
3. Suasana saling menghargai
4. Suasana mengakui kekhasan pribadi
5. Suasana penemuan diri
6. Suasana tidak mengancam
7. Suasana keterbukaan
FUNGSI PENDIDIK
1. penyebar pengetahuan
2. pelatih keterampilan
3. perancang pengalaman belajar
4. pelancar proses belajar
5. sumber belajar
6. pemimpin kegiatan belajar mengajar
7. penjelas tujuan belajar
8. tutor simulasi
9. fasilitator Kejar
2. pelatih keterampilan
3. perancang pengalaman belajar
4. pelancar proses belajar
5. sumber belajar
6. pemimpin kegiatan belajar mengajar
7. penjelas tujuan belajar
8. tutor simulasi
9. fasilitator Kejar
SIKAP PENDIDIK
Sikap pendidik yang harus
diperhatikan adalah sebagai berikut:
1. bekerjasama dengan suasana hati awal yang menyenangkan
2. tenggang rasa (empati)
3. wajar (jujur, apa adanya, terus terang, konsisten, dan terbuka)
4. respek, mempunyai pendangan positif kepada peserta didik
5. komitmen terhadap kehadiran, bersedia menghadirkan diri secara penuh
6. mengakui kehadiran dan menghargai peserta didik
7. membuka diri
8. tidak menjadi ahli, menjawab setiap pertanyaan seolah-seolah menjadi ahli dalam segala hal
9. tidak diskriminatif
10. Suka membantu, periang, humoris, akrab, menunjukkan perhatian
11. membangkitkan keinginan belajar
12. tegas, menguasai kelas, membangkitkan rasa hormat
13. tidak memotong bicara dan menanggapi pertanyaan/komentar dengan tidak emosi
14. tidak suka mengomel, mencela, mengejek, dan menyindir.
15. menerima gagasan yang mungkin bertentangan dengan harapan yang diinginkan
16. memberi dorongan peserta didik dalam mengembangkan pribadinya
17. mampu mengorganisasikan kelompok belajar
18. menumbuhkan prakarsa dan meningkatkan partisipasi peserta didik
19. menerima keterbatasan diri
1. bekerjasama dengan suasana hati awal yang menyenangkan
2. tenggang rasa (empati)
3. wajar (jujur, apa adanya, terus terang, konsisten, dan terbuka)
4. respek, mempunyai pendangan positif kepada peserta didik
5. komitmen terhadap kehadiran, bersedia menghadirkan diri secara penuh
6. mengakui kehadiran dan menghargai peserta didik
7. membuka diri
8. tidak menjadi ahli, menjawab setiap pertanyaan seolah-seolah menjadi ahli dalam segala hal
9. tidak diskriminatif
10. Suka membantu, periang, humoris, akrab, menunjukkan perhatian
11. membangkitkan keinginan belajar
12. tegas, menguasai kelas, membangkitkan rasa hormat
13. tidak memotong bicara dan menanggapi pertanyaan/komentar dengan tidak emosi
14. tidak suka mengomel, mencela, mengejek, dan menyindir.
15. menerima gagasan yang mungkin bertentangan dengan harapan yang diinginkan
16. memberi dorongan peserta didik dalam mengembangkan pribadinya
17. mampu mengorganisasikan kelompok belajar
18. menumbuhkan prakarsa dan meningkatkan partisipasi peserta didik
19. menerima keterbatasan diri
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP DAN FUNGSI PENDIDIK
1. Karakteristik Program Pendidikan
Tujuan dan Rancangan Pendidikan. Tujuan dan rancangan pendidikan sangat mempengaruhi sikap dan fungsi pendidik. Jika tujuannya akan menyampaikan pengetahuan baru, fungsi pendidik lebih sebagai penceramah, sedangkan jika tujuannya ingin peningkatan efektifitas kerja sama dalam organisasi, fungsi pembimbing lebih sebagai konsultan.
Lama Pendidikan. Pada program yang lebih lam (misalnya 1 atau 2 minggu), pendidik dapat menggunakan metode yang menggunakan metode analisis dalam seperti permainan peran (role play), diskusi kelompok, atau studi kasus.
Harapan Penyelenggara. Pendidikan orang dewasa dapat diselenggarakan oleh berbagai organisasi. Harapan dan tujuan dari lembaga penyelenggara ini harus diperhatikan sehingga pendidik dapat menentukan gaya, fungsi dan sikapnya dalam proses belajar mengajar.
2. Karakteristik Peserta Didik
Komposisi peserta didik. Contoh: mengahadapi peserta didik yang mempunyai status sosial yang tinggi, lebih tua umurnya, lebih rendah tingkat pendidikannya, lebih lambat belajarnya, atau lebih pendiam sifatnya, pendidik harus lebih bersabar.
Harapan peserta didik. Peserta didik biasanya berharap dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dll. Pendidik sebaiknya mengetahui apa yang menjadi harapan peserta didik. Harapan peserta didik terkadang terlalu tinggi sehingga kurang proporsional. Oleh karena itu pendidik perlu mendudukkan harapan itu sesuai dengan kewajaran dan menjelaskan kepada peserta didik.
3. Karakteristik Pendidik
Profesi Pendidik. Pendidik sebagai pribadi mempunyai latar belakang profesi, hobi, pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan tertentu. Hal itu semua akan menentukan sikap pendidik. Dengan memperhatikan metode dan prinsip pendidikan orang dewasa, pendidik akan mampu mengubah gaya dan fokus perhatiannya.
Keadaan Pendidik. Keadaan pendidik seperti kecapaian, kekhawatiran, kemarahan dan kebingungan akan dapat memengaruhi aktivitas dalam memberikan didikan atau bimbingan. Oleh karena itu perlu dihindari mendidik kelompok belajar langsung setiba dari perjalanan. Disamping itu diperlukan kemampuan untuk melupakan persoalan diluar kelas yang menganggu pikirannya selama mendidik (membimbing).
Tujuan dan Rancangan Pendidikan. Tujuan dan rancangan pendidikan sangat mempengaruhi sikap dan fungsi pendidik. Jika tujuannya akan menyampaikan pengetahuan baru, fungsi pendidik lebih sebagai penceramah, sedangkan jika tujuannya ingin peningkatan efektifitas kerja sama dalam organisasi, fungsi pembimbing lebih sebagai konsultan.
Lama Pendidikan. Pada program yang lebih lam (misalnya 1 atau 2 minggu), pendidik dapat menggunakan metode yang menggunakan metode analisis dalam seperti permainan peran (role play), diskusi kelompok, atau studi kasus.
Harapan Penyelenggara. Pendidikan orang dewasa dapat diselenggarakan oleh berbagai organisasi. Harapan dan tujuan dari lembaga penyelenggara ini harus diperhatikan sehingga pendidik dapat menentukan gaya, fungsi dan sikapnya dalam proses belajar mengajar.
2. Karakteristik Peserta Didik
Komposisi peserta didik. Contoh: mengahadapi peserta didik yang mempunyai status sosial yang tinggi, lebih tua umurnya, lebih rendah tingkat pendidikannya, lebih lambat belajarnya, atau lebih pendiam sifatnya, pendidik harus lebih bersabar.
Harapan peserta didik. Peserta didik biasanya berharap dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dll. Pendidik sebaiknya mengetahui apa yang menjadi harapan peserta didik. Harapan peserta didik terkadang terlalu tinggi sehingga kurang proporsional. Oleh karena itu pendidik perlu mendudukkan harapan itu sesuai dengan kewajaran dan menjelaskan kepada peserta didik.
3. Karakteristik Pendidik
Profesi Pendidik. Pendidik sebagai pribadi mempunyai latar belakang profesi, hobi, pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan tertentu. Hal itu semua akan menentukan sikap pendidik. Dengan memperhatikan metode dan prinsip pendidikan orang dewasa, pendidik akan mampu mengubah gaya dan fokus perhatiannya.
Keadaan Pendidik. Keadaan pendidik seperti kecapaian, kekhawatiran, kemarahan dan kebingungan akan dapat memengaruhi aktivitas dalam memberikan didikan atau bimbingan. Oleh karena itu perlu dihindari mendidik kelompok belajar langsung setiba dari perjalanan. Disamping itu diperlukan kemampuan untuk melupakan persoalan diluar kelas yang menganggu pikirannya selama mendidik (membimbing).
Sumber : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta, Bumi Aksara.
tnks
BalasHapusAYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
BalasHapusADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
BBM : D89CC515
sabung ayam
agen terpercaya
bandar judi