Minggu, 22 Juni 2014

EVALUASI PENDIDIKAN ORANG DEWASA (BAB 12)

PENDAHULUAN

            Evaluasi sebagai kegiatan manusia bukanlah hal yang baru. Hal yang baru tentang evaluasi adalah upaya untuk melakukannya secara sistematis dan ilmiah.

PENGERTIAN DAN JENIS EVALUASI

            Pendidik menggunakan istilah evaluasi untuk menunjukan proses menentukan kekuatan atau nilai pekerjaan mereka. Evaluasi adalah suatu cara mengukur hasi dari kegiatan pendidikan.
Beberapa jenis evaluasi yang berbeda dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat formalitas dan ketepatannya. Pembagian ini biasanya melalui 3 tingkat:
          1.      Evaluasi informal
          2.      Evaluasi semi formal
          3.      Evaluasi formal atau penelitian ilmiah

MANFAAT EVALUASI

            Terdapat beberapa manfaat mengapa evalausi dilakukan. Menurut Flores, Bueno, dan Lapastora (1983) :
  • Menentukan patokan awal yang dapat dipakai sebagai dasar perbandingan tindakan baru 
  • Menentukan pengarahan kembali (redirection) atau perbaikan suatu aktivitas
  • Menumbuhkan rasa aman kepada teknisi
  • Meningkatkan kepercayaan diri di antara penerima evaluasi

TUJUAN EVALUASI

            Tujuan utama evaluasi dapat diringkas sebagai berikut (Morgan, et al., 1976).
  1. Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujuan umum yang telah ditentukan. 
  2. Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu. 
  3. Untuk menentukan efektivitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran. 
  4. Untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur, dan masyarakat.

PRINSIP EVALUASI

  1. Mempunyai tujuan yang pasti 
  2. Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti
  3. Bukti tentang perubahan dalam diri individu
  4. Menggunakan instrument yang tepat dalam evaluasi 
  5. Kerja sama antara peneliti dengan orang yang dinilai kemajuannya 
  6. Tidak perlu mengevaluasi semua hasil pembelajaran 
  7. Evaluasi harus berkesinambungan
 
Sumber : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta, Bumi Aksara.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Hello Kitty 59