Selasa, 03 Juni 2014

METODE PENDIDIKAN ORANG DEWASA (BAB 5)


A. PENDAHULUAN

       Ditinjau dari 2 sudut:   
  1. kontinum proses belajar 
  2. jenis pertemuan yang dilakukan dalam POD

B. KONTINUM PROSES BELAJAR

       Metode dipilih berdasarkan tujuan pendidikan, yaitu:
  1. Membantu orang menata pengalaman masa lalu melalui cara baru 
  2. Memberikan pengetahuan atau keterampilan baru
       Posisi atau sifat pengalaman belajar dalam kontinum proses belajar dapat mempengaruhi beberapa hal berikut ini:
  1. persiapan dan orientasi bagi proses belajar 
  2. suasana dan kecepatan belajar 
  3. peran dan sikap pembimbing 
  4. peran dan sikap peserta didik 
  5. metode yang diterapkan agar usaha belajar berhasil

C. PEMILIHAN JENIS PERTEMUAN

       Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu dalam menentukan jenis pertemuan yang akan dipergunakan dalam program POD.
  1. Usaha atau kegiatan apa yang akan diorganisasikan? 
  2. Tugas apa saja yang akan diselesaikan? 
  3. Siapa yang menjadi sasarannya? 
  4. Bagaimana pesan dapat disampaikan sebaik mungkin? 
  5. Masalah apa saja yang dapat mungkin timbul dalam pengorganisasian pertemuan yang harus dipecahkan?
       Ada beberapa jenis pertemuan yang dapat dipilih seseorang guna menyampaikan sesuatu kepada orang lain, yaitu:
  1. institusi 
  2. konvensi 
  3. konferensi 
  4. lokakarya (workshop) 
  5. seminar 
  6. kursus kilat 
  7. kuliah bersambung 
  8. kelas formal 
  9. diskusi terbuka

D. MERENCANAKAN PERTEMUAN

       Hal-hal yang harus diperhatikan oleh perencana, diantaranya :
  1. Tahap pendahuluan untuk menghubungi orang 
  2. Cara menerima peserta 
  3. Apa yang terjadi dalam pertemuan 
  4. Cara mengevaluasi pertemuan

E. METODE DALAM PERTEMUAN

       Teknik-teknik penting yang dapat digunakan dalam POD antara lain:
  1. penyajian formal  
  2. teknik diskusi 
  3. demonstrasi dan laboratorium 
  4. widyawisata (karyawisata) 
  5. audiovisual 
  6. komunikasi tertulis

F. PENYAJIAN FORMAL

       Penyajian formal yang asli adalah penyajian yang bersifat searah dari pembicara
kepada peserta tanpa ada umpan balik dari pesera kepada pembicara, diantaranya :
  1. Ceramah atau Kuliah 
  2. Simposium 
  3. Diskusi Panel 
  4. Kolokium 
  5. Variasi Penyajian Formal
Sumber : Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta, Bumi Aksara.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Hello Kitty 59